Pengertian Java
Java adalah bahasa pemrograman yang multi platform dan
multi device. Sekali anda menuliskan sebuah program dengan
menggunakan Java, anda dapat menjalankannya hampir di semua komputer
dan perangkat lain yang support Java, dengan sedikit perubahan atau
tanpa perubahan sama sekali dalam kodenya. Aplikasi dengan berbasis
Java ini dikompulasikan ke dalam p-code dan bisa dijalankan dengan
Java Virtual Machine. Fungsionalitas dari Java ini dapat berjalan
dengan platform sistem
operasi yang berbeda karena sifatnya yang umum dan
non-spesifik.
Slogan Java adalah “Tulis sekali, jalankan di
manapun”. Sekarang ini Java menjadi sebuah bahasa pemrograman yang
populer dan dimanfaatkan secara luas untuk pengembangan perangkat
lunak. Kebanyakan perangkat lunak yang menggunakan Java adalah
ponsel feature dan ponsel pintar atau smartphone.
Keunggulan Java
Java mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan
bahasa pemrograman lainnya. Keunggulan bahasa pemrograaman Java
antara lain: 1. Berorientasi
objek
Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek. Java membagi program menjadi objek-objek serta memodelkan sifat dan tingkah laku masing-masing dalam menyelesaikan suatu masalah.
2. Java bersifat multiplatform Java dirancang untuk mendukung aplikasi yang dapat beroperasi di lingkungan jaringan berbeda. Untuk mengakomodasi hal tersebut, Java compiler membangkitkan bytecodes (sebuah format yang tidak tergantung pada arsitektur tertentu yang didesain untuk mengirimkan kode ke banyak platform perangkat keras dan perangkat lunak secara efisien). Java dapat dijalankan oleh banyak platform seperti Linux, Unix, Windows, Solari, maupun Mac. 3. Java bersifat multithread
Multithreading adalah kemampuan suatu program komputer untuk mengerjakan beberapa proses dalam suatu waktu. Thread dalam Java memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kelebihan multi prosessor apabila sistem operasi yang digunakan mendukung multi prosessor.
4. Dapat didistribusi dengan mudah
Java memiliki library rutin yang lengkap untuk dirangkai pada protocol TCP/IP (seperti HTTP dan FTP) dengan mudah. Kemampuan networking Java lebih kuat dan lebih mudah digunakan. Java memudahkan tugas pemrograman jaringan yang sulit seperti membuka dan mengakses sebuah soket koneksi. Java juga mamudahkan pembuatan CGI (Common Gateway Interface).
5. Bersifat dinamis
Java dirancang untuk beradaptasi dengan lingkungan yang sedang berkembang. Java bersifat dinamis dalam tahap linking. Class yang ada dapat di link sebatas yang diperlukan, apabila diperlukan modul kode yang baru dapat di link dari beberapa sumber, bahkan dari sumber dalam jaringan Internet.
Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek. Java membagi program menjadi objek-objek serta memodelkan sifat dan tingkah laku masing-masing dalam menyelesaikan suatu masalah.
2. Java bersifat multiplatform Java dirancang untuk mendukung aplikasi yang dapat beroperasi di lingkungan jaringan berbeda. Untuk mengakomodasi hal tersebut, Java compiler membangkitkan bytecodes (sebuah format yang tidak tergantung pada arsitektur tertentu yang didesain untuk mengirimkan kode ke banyak platform perangkat keras dan perangkat lunak secara efisien). Java dapat dijalankan oleh banyak platform seperti Linux, Unix, Windows, Solari, maupun Mac. 3. Java bersifat multithread
Multithreading adalah kemampuan suatu program komputer untuk mengerjakan beberapa proses dalam suatu waktu. Thread dalam Java memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kelebihan multi prosessor apabila sistem operasi yang digunakan mendukung multi prosessor.
4. Dapat didistribusi dengan mudah
Java memiliki library rutin yang lengkap untuk dirangkai pada protocol TCP/IP (seperti HTTP dan FTP) dengan mudah. Kemampuan networking Java lebih kuat dan lebih mudah digunakan. Java memudahkan tugas pemrograman jaringan yang sulit seperti membuka dan mengakses sebuah soket koneksi. Java juga mamudahkan pembuatan CGI (Common Gateway Interface).
5. Bersifat dinamis
Java dirancang untuk beradaptasi dengan lingkungan yang sedang berkembang. Java bersifat dinamis dalam tahap linking. Class yang ada dapat di link sebatas yang diperlukan, apabila diperlukan modul kode yang baru dapat di link dari beberapa sumber, bahkan dari sumber dalam jaringan Internet.
Kekurangan Java
yang lain adalah penggunaan memori yang cukup banyak,
lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi sebelum generasi Java.
Namun hal ini memang sesuai dengan fitur beragam yang dimiliki oleh
Java. Masalah memori ini juga tidak dialami oleh semua pengguna
aplikasi Java. Mereka yang sudah menggunakan perangkat keras dengan
teknologi terbaru tidak merasakan kelambatan dan konsumsi memori Java
yang tinggi. Lain halnya dengan mereka yang menggunakan teknologi
lama atau komputer yang
sudah berumur tua lebih dari empat tahun akan merasakan adanya
kelambatan. Namun apapun kelemahan yang dimiliki Java, faktanya
adalah Java merupakan bahasa pemrograman yang populer dan digunakan
di seluruh dunia saat ini.
Dan kekurangan java di karenakan Proses Compile,
Mengharuskan pengguna mengcompile programnya sebelum dijalankan,
berbeda dengan bahasa pemrograman python yang tidak perlu mengcompile
terlebih dahulu .
Penggunaan Memori yang besar , Berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang hanya membutuhkan memori sedikit.
Penggunaan Memori yang besar , Berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang hanya membutuhkan memori sedikit.
TUTORIAL PEMROGRAMAN JAVA MENGGUNAKAN ECLIPSE
- Instal aplikasi eclipse
- Membuka aplikasi Eclipse, bisa melalui shortcut atau melalui pencarian windows.
- Siapkan tempat folder penyimpanan project kita. Setelah itu klik OK
- Selanjutnya kita masuk dibagian menu eclipse. Karena kita akan membuat project baru maka kita pilih file-new-Project..(Isi nama project dan sebagainya)
- Setelah membuat folder project kita membuat package dengan cara klik pada folder “src” pada folder “project” klik kanan new-Package..(Isikan nama package dan sebagainya)
- Setelah membuat Package kita membuat class dengan cara klik kanan folder package New-Class. Class ini yang nantinya akan berisi program kita.
- Membuat/mengisi nama Class/object dan memilih jenis methodnya. Kali ini saya memberi nama Class “objeklaptop” karena kali ini laptop sebagai object yang didalamnya ada beberapa atribut. Class ini yang akan mendeklarasikan atribut-atribut pada laptop yang akan kita inputkan.
CONTOH SCRIPT CLASS
script
package
laptop; //menunjukkan bahwa class ini berada di package "laptop"
public
class objeklaptop { //nama class otomatis akan tertulis disini.
Nama class ini yang akan dipanggil di class lain jika diubutuhkan
String
merk; //deklarasi untuk variabel atau atribut laptop yaitu "merk"
dengan jenis data String
int
ram; //deklarasi untuk variabel atau atribut laptop yaitu "ram"
dengan jenis data int
String
procesor; //deklarasi untuk variabel atau atribut laptop yaitu
"procesor" dengan jenis data int
int
harga; //deklarasi untuk variabel atau atribut laptop yaitu
"harga" dengan jenis data int
void
infolaptop(){ //untuk menampilkan inputan data dari
class"inputlaptop" pada void "infolaptop"
System.out.println("Merk
: "+merk); //untuk menampilkan inputan data
dari class"inputlaptop" yaitu dari variabel "merk"
System.out.println("RAM
: "+ram); //untuk menampilkan inputan
data dari class"inputlaptop" yaitu dari variabel "ram"
System.out.println("Processor:
"+procesor); //untuk menampilkan inputan data dari
class"inputlaptop" yaitu dari variabel "procesor"
System.out.println("Harga
: "+harga); //untuk menampilkan inputan data
dari class"inputlaptop" yaitu dari variabel "harga"
}
}
- Kita buat Class lagi kali ini adalah class “inputlaptop”. Di Class ini laptop masih menjadi object, class ini sebagai input atribut-atribut laptop yang akan masuk class “objeklaptop”.
CONTOH SCRIPT
package
laptop; //menunjukkan bahwa class ini berada di package "laptop"
import
java.util.Scanner;
public
class inputlaptop { //nama class otomatis akan tertulis disini.
Nama class ini yang akan dipanggil di class lain jika diubutuhkan
public
static void main(String[] args) {
//
TODO Auto-generated method stub
objeklaptop
jenis=new objeklaptop(); //Class "objeklaptop" diganti
dengan "jenis"
jenis.merk="ASUS"; //untuk
inputan Merk yang akan masuk ke class "objeklaptop"
variabel"merk"
jenis.harga=5000000;
//untuk inputan Harga yang akan masuk ke class "objeklaptop"
variabel"harga"
jenis.procesor="intel"; //untuk
inputan Processor yang akan masuk ke class "objeklaptop"
variabel"procesor"
jenis.ram=2;
//untuk inputan RAM yang akan masuk ke class "objeklaptop"
variabel"ram"
jenis.infolaptop(); //void
ini akan masuk di void "infolaptop"
Scanner
masuk =new Scanner(System.in); //untuk membuat inputan setelah
program di Run
System.out.println("
");
System.out.println("Processor:
"); //nama inputan
jenis.procesor=masuk.nextLine();
//inputan akan masuk ke variabel "procesor"
System.out.println("Merk
: "); //nama inputan
jenis.merk=masuk.nextLine();
//inputan akan masuk ke variabel "merk"
System.out.println("RAM
: "); //nama inputan
jenis.ram=masuk.nextInt(); //inputan
akan masuk ke variabel "ram"
System.out.println("Harga
: "); //nama inputan
jenis.harga=masuk.nextInt(); //inputan
akan masuk ke variabel "procesor"
jenis.infolaptop(); //void
ini akan masuk di void "infolaptop"
Scanner
baru =new Scanner(System.in); //untuk membuat inputan setelah
program di Run
System.out.println("
");
System.out.println("Processor:
"); //nama inputan
jenis.procesor=baru.nextLine(); //inputan
akan masuk ke variabel "procesor"
System.out.println("Merk
: "); //nama inputan
jenis.merk=baru.nextLine(); //inputan
akan masuk ke variabel "merk"
System.out.println("RAM
: "); //nama inputan
jenis.ram=baru.nextInt(); //inputan
akan masuk ke variabel "ram"
System.out.println("Harga
: "); //nama inputan
jenis.harga=baru.nextInt(); //inputan
akan masuk ke variabel "harga"
jenis.infolaptop(); //void
ini akan masuk di void "infolaptop"
}
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar